Panduan Penulisan

PEDOMAN PENULISAN

Judul Maksimum 15 Kata, Ditulis Dalam 2 Bahasa (Indonesia dan Inggris)  dengan jenis Huruf Times New Roman, Font 12, Kapital dan Bercetak Tebal

Penulis11)*, Penulis22), Penulis3) dst. [ Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar, Font Times New Roman dengan ukuran 11 Cetak Tebal dan Nama Tidak Boleh Disingkat]

1)*Asal Institusi, alamat lengkap institusi dan alamat surel penulis (font 10)

2)Asal Institusi, alamat lengkap institusi dan alamat surel penulis (font 10)

3)Asal Institusi, alamat lengkap institusi dan alamat surel penulis (font 10)

ABSTRAK: Abstrak merupakan ringkasan tentang paper/artikel yang terdiri dari: (1) Isu atau permasalahan dan tujuan penelitian; (2) Metode Penelitian; (3) Temuan Penelitian; (4) Kesimpulan. Abstrak ditulis dalam 2 bahasa (Indonesia dan Inggris). Abstrak disajikan dalam 1 paragraf tanpa catatan kaki atau kutipan. Jumlah kata untuk penulisan abstrak sebanyak 150 kata dengan menggunakan  jenis huruf Times News Roman, font 11, spasi 1 (tunggal) dan cetak miring untuk abstrak yang berbasa Inggris. Untuk abstrak yang berbahasa Inggris menhyesuaikan dengan hasil terjemahan abstrak yang berbahasa Indonesia.

Kata Kunci: 3-5 kata yang bukan kata dari judul penelitian, dipisahkan dengan tanda koma (jenis huruf Time News Roman, font 11, spasi 1 (tunggal) dan cetak miring)  

ABSTRACT: Abstract is a summary of the paper / article consisting of: (1) Issues or problems and research objectives; (2) Research Methods; (3) Research Findings; (4) Conclusions. Abstract written in 2 languages (Indonesian and English). Abstracts are presented in 1 paragraph without footnotes or quotes. The number of words for abstract writing is 150 words using Time News Roman  font, font 11, space 1 (single) and italics for abstracts with English language. For English-language abstracts, it adjusts to the results of Indonesian-language abstract translations.

Keywords: 3-5 words that are not words from the research title, separated by commas (font type Time News Roman, font 11, space 1 (single) and italic)

A. PENDAHULUAN [Times New Roman 12 bold]

Jurnal Agrilink merupakan jurnal ilmiah yang telah terdaftar pada LIPI dan akan menuju terakreditasi. Artikel yang termuat pada Jurnal Agrilink sesuai dengan tema yang berlaku pada volume terbitan.   Jurnal ini mempublikasikan berupa hasil-hasil penelitian, ulasan (review) dan hasil kajian studi literature maupun ilmu agribisnis. Naskah yang dapat dimuat adalah naskah yang belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses publikasi dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional lainnya, ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Isi yang terkandung dalam Bab Pendahuluan terdiri dari: latar belakang masalah penelitian, urgensi penelitian, tujuan penelitian, dan kontribusinya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, pada bagian ini juga disajikan solusi yang ditawarkan secara teoritis/konseptual/praktis untuk menjawab permasalahan/isu penelitian. Bagian ini juga memuat landasan teoritis yang digunakan serta kebaharuan atau pembeda penelitian dari penelitian terdahulu.

Jumlah halaman untuk 1 buah manuskrip/artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal ini sebanyak 8-12 halaman. Jenis tulisan yang digunakan yaitu Time News Roman, font 12, spasi 1,5 yang dibuat dalam file berjenis MS Word. 

B. METODE PENELITIAN

Metode penelitian menjabarkan tentang metode/pendekatan penelitian, jenis penelitian, lokasi/tempat dan waktu penelitian, jenis dan sumber data, teknik pengumpulan data, populasi dan sampel/responden/ informan penelitian, variabel/fokus data, hipotesis (jika ada), teknik analisa data. Jenis tulisan yang digunakan yaitu Time News Roman, font 12, spasi 1,5 yang dibuat dalam file berjenis MS Word. 

C. HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. Jenis tulisan yang digunakan yaitu Time News Roman, font 12, spasi 1,5 yang dibuat dalam file berjenis MS Word.  Format gambar png/jpg.

Contoh Tabel.

Tabel 1. Judul Tabel

No

Judul Kolom 1

Judul Kolom 2

Judul Kolom 3

Judul Sub Kolom 1

Judul Sub Kolom 2

Judul Sub Kolom 3

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

D. PENUTUP

Bagian ini berisikan tentang kesimpulan dan saran yang didapatkan dari hasil penelitian. Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasanSedangkan saran berisikan masukan untuk perbaikan terhadap permasalahan/ isu penelitian. Jenis tulisan yang digunakan yaitu Time News Roman, font 12, spasi 1,5 yang dibuat dalam file berjenis MS Word.  Untuk 

F. DAFTAR PUSTAKA

Penulisan naskah dan sitasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dan lain-lain. Artikel wajib merujuk 5-15 jurnal [Times New Roman, 12, normal], spasi 1,5 (rujuk pada pedoman penulisan). Format penulisan yang digunakan di jurnal Agrilink adalah sesuai dengan format APA 6th Edition (American Psychological Association).

Contoh Penulisan Daftar Pustaka:

Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah:

 Bekker, J. G., Craig, I. K., & Pistorius, P. C. (1999). Modeling and Simulation of Arc Furnace Process. ISIJ International, 39(1), 23–32.

Pustaka yang berupa judul buku:

Fridman, A. (2008). Plasma Chemistry (p. 978). Cambridge: Cambridge University Press.

Pustaka yang berupa Prosiding Seminar:

Roeva, O. (2012). Real-World Applications of Genetic Algorithm. In International Conference on Chemical and Material Engineering (pp. 25–30). Semarang, Indonesia: Department of Chemical Engineering, Diponegoro University.

Pustaka yang berupa disertasi/thesis/skripsi:

Istadi, I. (2006). Development of A Hybrid Artificial Neural Network – Genetic Algorithm for Modelling and Optimization of Dielectric-Barrier Discharge Plasma Reactor. PhD Thesis. Universiti Teknologi Malaysia.

Pustaka yang berupa patent:

Primack, H.S. (1983). Method of Stabilizing Polyvalent Metal Solutions. US Patent No. 4,373,104.

Pustaka yang berupa HandBook:

Hovmand, S. (1995). Fluidized Bed Drying. In Mujumdar, A.S. (Ed.) Handbook of Industrial Drying (pp.195-248). 2nd Ed. New York: Marcel Dekker.